RS Ortopedi Prof.DR.R. Soeharso Surakarta

Radiologi

Instalasi Radiologi adalah salah satu Instalasi penunjang medik di RS Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta, di instalasi ini pada pasien dilakukan pemeriksaan penunjang menggunakan Modalitas untuk mendapatkan informasi tentang penyakitnya. Pelayanan radiologi di RS Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta meliputi pelayanan Radiologi Konvensional dan Imaging.

Pelayanan di Instalasi Radiologi dilakukan oleh Dokter Spesialis Radiologi yang sudah terlatih di bidang ortopedi dan musculoskeletal, yang dibantu oleh para radiografer yang profesional di bidangnya.

Jenis dan Tindakan Pelayanan Radiologi

Pemeriksaan Radiologi Polos / Tanpa Kontras.

Pemeriksaan ini adalah pemeriksaan sederhana menggunakan Sinar-X dengan berbagai posisi pemeriksaan, yang meliputi : pemeriksaan thorax, ekstremitas, abdomen, kepala, sinus vertebrae (full leg full spine), panoramic dan BMD (Bone Mineral Densitometry).

Pelayanan Imaging/ Canggih yang meliputi :

MRI (Magnetic Resonance Imaging) 1,5 T

MRI adalah alat diagnostik mutakhir untuk memeriksa dan mendeteksi tubuh dengan menggunakan medan magnet yang besar (High Tesla) dan menggunakan gelombang frekuensi radio tanpa sinar X ataupun zat radioaktif dapat memberikan gambaran yang dapat menunjukkan perbedaan sangat jelas dan lebih sensitive untuk menilai anatomi jaringan lunak terutama otak sumsum tulang belakang dan susunan saraf serta jaringan lainnya seperti otot, ligament, tulang rawan, tendon dan tulang sendi, ,meliputi : MRI Kontras dan Non Kontras.

USG (Ultrasonografi)

USG adalah salah satu alat pemeriksaan diagnostic yang menggunakan gelombang suara ultrasonic yang menggunakan gelombang suara ultrasonic untuk menghasilkan gambaran mengenai bentuk, gerak, ukuran suatu organ tubuh, aman bagi wanita hamil yang meliputi : USG Abdomen, USG Urogenital, USG Mamae, USG Thyroid.

BMD (Bone Mineral Densitometry)

BMD adalah pemeriksaan kepadatan mineral tulang yang umumnya berkorelasi dengan kekuatan tulang dan digunakan untuk mendiagnosis osteoporosis yang diukur dengan tes X-ray absorptiometry energy ganda (scan DXA) yang memungkinkan untuk memprediksi resiko patah tulang, meliputi : BMD Whole Body dan body partial.

Panoramic

Panoramic adalah pemeriksaan gigi dan rahang yang umumnya diperlukan dokter gigi guna melihat secara jelas masalah kesehatan gigi dan mulut sehingga kesehatan gigi dan mulut sehingga mempermudah dokter untuk menentukan tindakan yang sesuai dengan kebutuhan pasien dalam meningkatkan kesehatan gigi dan mulut.

C-Arm

C-Arm adalah alat radiologi yang digunakan untuk melihat gambar atau obyek dari pasien yang akan dilihat langsung dengan cara Flouroscopy dengan bantuan layar monitor juga bisa untuk pilihan radiografi apabila menghendaki untuk menghasilkan gambar/ film.

Prosedur Pelayanan Radiologi

  • Pemeriksaan Radiologi dilaksanakan atas permintaan dokter.
  • Bisa menggunakan fasilitas BPJS.
  • Pelayanan Radiologi IGD 24 Jam.
  • Pelayanan MRI terjadwal.