Home
Operasi Kini Tidak Nyeri
Tuesday, 07 July 2015 14:48
PDF Print E-mail

Operasi Kini Tidak  Nyeri

 

 

RS. Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta,

 

 

 

Operasi kini masih menjadi momok bagi sebagian besar orang. Selain takut pada jarum suntik dan pisau bedah, mereka juga khawatir bakal merasakan nyeri yang luar biasa pascaoperasi. Hal inilah yang terkadang membuat pasien menghindar, bahkan menolak ketika disodorkan opsi operasi oleh dokter yang menanganinya.

 

Pasalnya, nyeri itu subjektif dan tidak bisa dideteksi oleh dokter. Hanya pasien saja yang bisa merasakan

Dr. Hery B Sumaryono, Sp. An dokter anastesi RS Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta.

 

 

 
Anak Autis Alergi Terigu dan Susu Sapi
Tuesday, 07 July 2015 14:19
PDF Print E-mail

Anak Autis Alergi Terigu dan Susu Sapi

 

 

RS. Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta,

 

 


 

Setiap mendengar kata Anak Autis, sebagian besar langsung meng-judge sebagai anak yang memiliki keterbelakangan mental. Anggapan tersebut tidak semuanya salah, namun ada yang harus diluruskan. Autis pada dasarnya adalah sebuah gangguan syaraf yang kompleks dan ditandai dengan kesulitan dalam hal berkomunikasi dengan orang lain

 

 

Psikolog RS Ortopedi Prof Dr R Soeharso Surakarta, Dra. Dian Kristiawati, Msi, Psi mengungkapkan, anak autis yang tidak bisa berkomunikasi dengan orang lain tidak selalu bodoh.Pasalnya, anak autis yang memiliki inteligence qoutient (IQ) yang rendah, namun ada juga yang sangat tinggi bahkan melebihi manusia pada umumnya. “Autis tidak bisa langsung disebut idiot atau bodoh. Karena memang banyak kasus yang menunjukan jika autis yang sangat pandai juga banyak. Hanya saja, bedanya padapola komunikasinya saja. Komunikasi anak autis berbeda dengan anak-anak pada umunya, “ Katanya kemarin.

 

 
Berlubang Besar, Gigi Tak Harus Selalu Dicabut
Monday, 06 July 2015 09:54
PDF Print E-mail

Berlubang Besar, Gigi Tak Harus Selalu Dicabut

 


RS. Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta,

 

 

Karies gigi atau sering disebut dengan istilah gigi berlubang termasuk salah satu masalah yang sering ditemui dalam kehidupan. Bahkan hampir sebagian besar dari kita memiliki masalah dengan gigi berlubang.

 

 

Ada sebagian dari masyarakat yang telah memiliki kesadaran terkait masalah gigi, sehingga saat memiliki gigi berlubang segera membawanya ke dokter gigi. Namun ada juga yang membiarkan giginya yang masih berlubang kecil, tanpa melakukan perawatan karena belum menimbulkan rasa sakit. Dan karena dibiarkan terus tanpa penanganan yang benar, gigi berlubang tersebut menjadi besar dan menimbulkan rasa yang sangat sakit. Namun meski sudah dalam kondisi parah, seperti itu ada yang tetap membiarkannya dengan alasan takut cabut  gigi atau bahkan karena alasan biaya.

 

 
Pikun Tak Mengenal Usia
Friday, 03 July 2015 09:06
PDF Print E-mail

Pikun Tak Mengenal Usia

 

RS. Ortopedi Soeharso Surakarta,

 

 

BAGI masyarakat awam, pikun bisa diartikan penyakit lupa dan cenderung mengarah pada usia yang sudah lanjut. Namun, pada dasarnya

pikun tidak selalu identik dengan usia tua. Dokter Spesialis Penyakit Dalam Rumah Sakit Ortopedi Prof Dr R Soeharso, dr. Niluh Tantri Fitriyanti, Sp PD menyatakan, pikun dalam bahasa medis disebut dementia merupakan istilah medis yang digunakan untuk menggambarkan sekelompok gejala yang terdiri dari kehilangan ingatan, gangguan penilaian, disorientasi dan perubahan tingkah laku yang cukup akut hingga mengakibatkan kehilangan fungsi.

 

 

Penyakit itu muncul lantaran menurunnya sel syaraf. “Kalau kuku masa tumbuhnya sekitar satu minggu. Begitu juga dengan syaraf yang rata-rata berumur 60 tahun. Namun, ada juga kasus yang kejadiannya di bawah usia 60 tahun,” katanya kepada Joglosemar.

 

 

Jika terjadi kerusakan, lanjut dia, maka efek jangka pendeknya adalah lupa. Nah, salah satu ciri penyakit dementia salah satunya Behavioral and Psychological Symptoms of Dementia (BPSD), yakni gejala gejala gangguan persepsi, proses pikir, suasana perasaan dan perilaku yang sering terjadi pada pasien dementia.

 

 

Ada dua jenis dementia yang biasanya diidap oleh masyarakat. Yakni alzheimer dan dementia multi infark. Di mana, alzheimer merupakan jenis dementia paling umum yang awalnya ditandai oleh melemahnya daya ingat, hingga gangguan otak dalam melakukan perencanaan, penalaran, persepsi, dan berbahasa. Pada penderita Alzheimer, gejala berkembang secara perlahan-lahan seiring waktu.

 

 

Sementara itu, demensia multi infark itu disebabkan lantaran arteri yang mengalirkan makanan pada otak terjadi sumbatan separuh sehingga darah dan oksigen tidak sepenuhnya bisa dialirkan ke otak. Akibat kejadian itu, penderita bakal mengalami stroke ringan. Berdasarkan hal itu, risiko bagi penderita hipertensi, diabetes melitus, dan gangguan berat badan menjadi faktor pendorong terjadinya dementia.

(Disadur dari Harian Joglosemar)

 
SERTIJAB STRUKTURAL & INSTALASI
Wednesday, 24 June 2015 14:35
PDF Print E-mail

SERAH TERIMA JABATAN PEJABAT STRUKTURAL & KEPALA INSTALASI

RS. ORTOPEDI PROF.DR.R. SOEHARSO SURAKARTA

 

RS. Ortopedi Soeharso Surakarta,

 

Dalam rangka adanya rotasi pegawai, efektifitas dan efisiensi organisasi di RS. Ortopedi Prof.Dr.R. Soeharso Surakarta, pada tanggal 23 Juni 2015 bertempat di Ruang Auditorium, dilakukan Serah Terima Jabatan Pejabat Struktural dan Kepala Instalasi, Pembacaan serta Penandatanganan Pakta Integritas.

 

Nama Pejabat dan Jabatan yang diserahterimakan adalah dr. Nurleli Manurung sebagai Kepala Bagian Pendidikan dan Penelitian, dr. Lely Sabariyah, SpRad sebagai Kepala Instalasi Rekam Medis, dr. Ni Luh Tantri Fitriyanti, SpPD sebagai Kepala Instalasi Rawat Jalan, dan dr. Maktal Budiyarta sebagai Kepala Instalasi Sistem Informasi Rumah Sakit.  Serah terima ditandai dengan penandatanganan Berita Acara Serah Terima Jabatan pejabat lama dan pejabat baru, dilanjutkan pembacaan Pakta Integritas pejabat baru diwakili oleh dr. Nurleli Manurung selaku Kepala Bagian Pendidikan dan Penelitian yang disaksikan Direktur Utama, Dr.dr. Agus Hadian Rahim, SpOT (K), M.Epid, MH.Kes beserta seluruh Jajaran Direksi.

 

 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Page 5 of 31

Video Terbaru

Berita Terbaru

Visitors Counter

581304
TodayToday173
YeserdayYeserday388
This WeekThis Week173
This MonthThis Month3344
All DaysAll Days581304
50Dot17Dot117Dot221

Advertisement